Kamis, 01 November 2018

Penyebab Kurang Subur/Susah Hamil


Apakah anda salah satu diantara wanita yang susah hamil? 


Related image
Penyebab Kurang Subur/Susah Hamil

Pernahkah merasakan betapa tidak nyamannya jika ditanya oleh keluarga atau kerabat apakah anda sudah hamil setelah menikah?


Setiap pasangan yang sudah menikah (suami istri) pasti keinginan kedepannya yang mereka harapkan adalah memiliki anak/momongan. Biasanya untuk memiliki anak ini setiap pasangan sudah merencanakannya kapan waktunya untuk punya momongan. Ada yang ingin langsung hamil dan memiliki anak, ada juga yang menundanya sampai beberapa tahun kedepan.

Namun jika pada suatu ketika sepasang suami istri telah menikah selama beberapa tahun dan belum dikaruniai momongan, itulah yang kerap menjadi keluhan bahkan menjadi kesedihan bagi mereka. Pasangan suami istri sering sekali bertanya-tanya apa yang salah pada kondisi kesehatan mereka?

Tidak terjadinya atau kesulitan untuk hamil/kurang subur bisa terjadi karena berbagai faktor. Dan yang paling utama dibenak kita mungkin, diantaranya adalah mandul.

Kemandulan adalah suatu bentuk ujian dari Allah SWT, seringkali hal ini tidak di mengerti dan tidak jarang pula syaitan membisikkan godaan sehingga kita berburuk sangka terhadap-Nya. Dan beberapa faktor  juga yang bisa kita ketahui dapat mempengaruhi dan menjadi penyebab kurangnya kesuburan/susah hamil.

Faktor Penghambat Kehamilan


Kehadiran buah hati memang bisa menambah kebahagiaan Ibu dan juga suami. Tentunya, kehamilan merupakan hal yang dinantikan oleh Ibu, suami, dan juga anggota keluarga yang lain, bukan?

Adapun faktor yang menjadi penghambat kehamilan adalah berikut diantaranya : 

  • Pada wanita

Berbagai faktor penghambat kehamilan pada wanita bisa disebabkan oleh faktor usia, gangguan proses ovulasi seperti PCOS, menderita endometriosis, mengalami infeksi pada organ reproduksi, dan penyumbatan saluran tuba falopi, dan kanker.
  •  Pada pria

Hal yang dapat memengaruhi terhambatnya kehamilan dari sisi pria, misalnya gangguan testis, ejakulasi dini, menderita infeksi (klamidia, gonorea, mumps, atau HIV), varikokel, cedera pada organ reproduksi, paparan panas berlebih pada organ reproduksi, serta kanker dan pengobatannya.
  • Faktor gaya hidup

Gaya hidup juga berperan penting dalam ketidaksuburan sepasang suami istri. Misal ; berat badan kurang, kelebihan berat badan,atau terlalu sering berolahraga bisa menyebabkan ketidaksuburan. Kebiasaanmerokok, maupun minum minuman beralkohol pada tingkat sedang atau berat, juga bisa menghambat terjadinya kehamilan.

Berikut beberapa kebiasaan yang sering kita lakukan dan ternyata dapat menjadi penyebab kurang subur/menghambat terjadinya kehamilan : 

  • Kurangnya Waktu Tidur. Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa kebiasaan tidur yang buruk dapat berdampak pada terjadinya menstruasi yang tidak teratur. Menstruasi yang tak teratur inilah yang akan menyebabkan gejala ketidaksuburan dan mempersulit terjadinya kehamilan.

  • Terlalu Banyak Konsumsi Kafein. Beberapa penelitian menemukan bahwa mengonsumsi lebih dari 300 mg kafein per hari dapat mengurangi kesuburan dan dapat meningkatkan risiko keguguran? Lebih dari 300 mg setara dengan dua cangkir kopi atau enam cangkir teh kental atau cola berkafein.

  • Penyuka Junk Food. Junk food dapat menyebabkan masalah dengan berat badan kita. Masalah dengan berat badan inilah yang dapat menyebabkan masalah kesuburan.

  • Terlalu Banyak Konsumsi Alkohol. Perempuan yang mengonsumsi tiga atau lebih minuman beralkohol selama seminggu lebih cenderung membutuhkan waktu lebih lama untuk hamil.

  • Merokok . Pada perempuan, merokok dapat meningkatkan masalah dengan saluran tuba, termasuk peningkatan risiko kehamilan ektopik atau hamil di luar rahim. Meningkatkan risiko perubahan serviks, termasuk kanker serviks.


Hal yang sering terjadi dan dapat menjadi faktor penyebab sulit hamil juga seperti ; Berhubungan tidak pada masa subur, Adanya endometriosis (penyakit dimana sel-sel rahim tumbuh di luar rahim), Polycystic Ovary Syndrome (PCOS)/gangguan akibat ketidakseimbangan hormon yang cukup sering menyebabkan seorang wanita sulit hamil.


Cara Mengatasi Kurang subur/Susah Hamil


Pada dasarnya kurangnya kesuburan/susah hamil bisa kita atasi, iya dengan berbagai cara, usaha dan juga tidak lupa untuk berdo'a. Berbagai metode untuk program kehamilan kini pun sudah tersedia. 

Program kehamilan yang disarankan berdasarkan penyebab sulit hamil adalah sebagai berikut:
  • Program hamil secara alami: dapat dilakukan untuk pasangan suami istri yang baru menikah, mengalami gangguan organ reproduksi ringan, atau kelainan sperma ringan. Program ini juga dapat dilakukan bila terjadi gangguan siklus menstruasi (siklus haid yang tidak teratur).
  • Inseminasi: bila disebabkan karena kondisi sperma laki-laki yang tidak optimal atau kelainan ovulasi.
  • Program bayi tabung: bila disebabkan karena tuba falopi perempuan tersumbat, sperma yang nihil, dan lain-lain.

Mungkin salah satu program kehamilan tersebut bisa anda coba, sebagai bentuk usaha, ikhtiar kita untuk mendapatkan sang buah hati. Dan tidak lupa untuk selalu meminta kepada sang Maha Pencipta (Allah SWT).

Tips lain ⇢ Jamu Tradisional Penyubur Kandungan


Testimoni Walatra Bersih wanita Herbal

Terimakasih telah berkunjung di halaman kami dan berkenan untuk membaca artikel kami. Semoga Bermanfaat :)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Inilah Penyebab Kamu Terlambat Datang Bulan, Tidak Selalu Pertanda Hamil Ya Girls !

Datang Bulan atau Menstruasi biasanya di alami oleh setiap wanita selama satu bulan sekali. Namun, siklus menstruasi setiap wanita tak s...