Kamis, 31 Januari 2019

Bahaya Alergi Dingin (Urtikaria Dingin) jika di Biarkan

Related image
Cuaca dingin bagi sebagian orang memang menyejukkan. Namun ada beberapa orang akan mengalami beberapa kondisi seperti asma, kemungkinan terjadi nyeri sendi, kulit terasa lebih kering bahkan alergi apabila terjadi cuaca dingin.

Apabila cuaca dingin, maka bagi Anda yang memiliki alergi, maka akan menampakkan gejala alergi dingin. Dalam kasus yang parah, alergi dingin dapat menimbulkan stres yang tidak semestinya, terutama karena gejalanya sering disalahartikan dengan penyakit lain.

Sekilas Mengenai Alergi Dingin 


Alergi dingin umumnya diderita oleh anak-anak dan remaja, namun seiring berjalannya waktu akan berkurang atau menghilang. Namun untuk mempercepat proses penyembuhan sebaiknya anda melakukan penanganan yang tepat.

Related image

Alergi dingin,
yang istilah medisnya disebut dengan urtikaria dingin, adalah reaksi kulit yang muncul dalam beberapa menit setelah paparan dingin, baik dari air maupun udara. Hal ini dapat disebabkan oleh faktor cuaca dingin, berada di ruangan ber-AC, berenang, atau selepas mandi di pagi hari. Gejala yang ditimbulkan pada setiap orang pun berbeda-beda. Ada yang bereaksi ringan, ada pula yang mengalami reaksi anafilaktik seperti penurunan tekanan darah secara drastis, tidak bisa bernapas, hingga pingsan.

Penyebab Alergi Dingin atau Cold Urticaria 

Alergi ini terjadi akibat adanya pelepasan histamin dan zat kimia lain ke aliran darah, kondisi ini dipicu oleh udara dingin, benda atau makanan dan minuman dingin. Penyebab alergi terhadap segala hal yang dingin ini antara lain karena faktor genetis, atau sel kulit yang terlalu sensitif, virus, bahkan penyakit tertentu. 


Waspadai Bahaya dari Alergi dingin !


Penderita alergi dingin pada kasus yang lebih parah dapat menyebabkan kesulitan bernapas karena pembengkakan tenggorokan dan lidah. Reaksi anafilaksis juga dapat terjadi berupa tekanan darah menurun drastis, jantung berdebar, pingsan, pembengkakan lengan dan kaki. Reaksi anafilaksis adalah rekasi tubuh yang muncul akibat kondisi hipersensitivitas terhadap pemicu alergi. Penderita alergi dingin yang berenang dapat menyebabkan kehilangan kesadaran dan tenggelam. Sebaiknya konsultasikan langsung dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Obat-obatan yang diberikan harap diminum sesuai petunjuk dokter. 

Berikut Beberapa Anjuran yang dapat Anda lakukan:
  • Hindari mengonsumsi makanan dan minuman dingin
  • Minum obat sesuai petunjuk dokter
  • Seandainya hendak menjalani operasi, informasikan kepada dokter dan petugas medis bahwa anda menderita alergi dingin (ruang operasi bersuhu dingin) untuk mencegah munculnya gejala alergi di ruang operasi
  • Sebelum terpapar cuaca dingin minum antihistamin sesuai petunjuk dokter
  • Lindungi kulit dari suhu yang menurun drastis dan cuaca dingin


Tips lain untuk mengatasi Alergi dingin dengan mudah dan cepat ⇒ Cara Cepat dan Tepat untuk Mengatasi Alergi Dingin


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Prosedur ESWL, Pengobatan Batu Ginjal yang Cepat dan Tidak Meninggalkan Luka

Prosedur ESWL (Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy), Pengobatan Batu Ginjal yang Cepat dan Tidak Meninggalkan Luka Apa  itu  Batu G...