Rabu, 16 Januari 2019

Inilah Penyebab Kamu Terlambat Datang Bulan, Tidak Selalu Pertanda Hamil Ya Girls !


Datang Bulan atau Menstruasi biasanya di alami oleh setiap wanita selama satu bulan sekali. Namun, siklus menstruasi setiap wanita tak selamanya sama. Anggapan yang sering sekali terlintas di pikiran cewek saat mendapati dirinya telat datang bulan adalah – hamil. Padahal menstruasi yang terlambat nggak selalu bisa diidentikkan dengan kehamilan. Tak sedikit dari kita yang memiliki siklus menstruasi yang berbeda-beda. Normalnya siklus menstruasi sekitar 25-30 hari. Seringkali kita khawatir ketika siklus menstruasi berantakan atau tak sesuai jadwal atau bahkan tidak mengalami menstruasi.
Related image
Jika kamu adalah salah satu perempuan yang siklus haidnya nggak teratur, jangan khawatir dulu. Siklus haid yang nggak teratur bukan berarti kamu nggak normal ataupun hamil, hanya saja, ada sesuatu yang nggak beres terjadi sama kamu. Mungkin salah satu hal ini adalah penyebabnya.

Berikut beberapa hal yang kemungkinan menjadi penyebab kamu telat datang bulan :

  • Mengkonsumsi Obat-obat Tertentu
    Jika kamu sedang mengalami proses pemulihan karena sakit dan mengonsumsi obat-obatan tertentu, bisa jadi inilah yang menjadi penyebab kamu telat haid. Mengonsumsi obat-obatan bisa memengaruhi siklus bulanan. Obat-obatan seperti pil estrogen dan IUD Mirena ternyata menghambat darah berkembang di dinding rahim. Akibatnya, kita yang mengonsumsi obat-obatan ini jadi enggak menstruasi.

  • Stres
    Stres mampu membuat tubuh kita bereaksi dengan cara yang unik. Salah satunya adalah menstruasi yang enggak teratur. Stres yang berlebih mampu menghambat kerja hormon dalam tubuh.

  • Pil KB
    Obat hormonal seperti pil KB mampu membuat siklus menstruasi kita teratur. Jadi ketika kita berhenti mengonsumsinya, bisa jadi memberi efek berupa siklus menstruasi yange nggak teratur.

  • Pola Hidup yang Berubah
    Perubahan pola hidup akan memengaruhi metabolisme tubuhmu sehingga berpengaruh pada siklus bulanan, misalnya jam tidur yang nggak teratur.

  • Berat Badan Naik atau Kegemukan

    Terlalu gemuk dan kurang berolahraga dapat menyebabkan hormon mengubah siklus haid.  Kebanyakan wanita mengalami siklus menstruasi yang normal dan teratur setelah berat badan kembali ideal.

  • Aktivitas atau Olahraga yang Berlebihan
    Terlalu banyak aktivitas yang menimbulkan kelelahan juga akan berpengaruh pada kelenjar hipotalamus, yang nantinya juga memengaruhi hormon menstruasi. Hal ini dapat memengaruhi pelepasan LS dan FSH, yaitu hormon hipofisis yang memicu ovulasi (pelepasan sel telur). Keseringan berolahraga juga termasuk aktivitas berat yang dapat menyebabkan kondisi yang dikenal sebagai “amenore” atau berarti nggak ada menstruasi. Hal ini dikarenakan terlalu beratnya olahraga membuat produksi estrogen dalam tubuh juga bisa berkurang. Pastikan untuk memangkas waktu berolahraga biar siklus menstruasi kembali normal.


Terlambat datang bulan mungkin dianggap sebagai hal yang nggak menakutkan oleh beberapa perempuan. Padahal, hal ini juga dapat menjadi gejala beberapa kondisi dan penyakit. Oleh karena itu, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter jika kamu mengalaminya. Apalagi jika haid berhenti tiba-tiba selama lebih dari 90 hari, siklus bulanan menjadi sangat nggak teratur, haid selama lebih dari 7 hari, nyeri parah, atau darah keluar dengan deras dan harus ganti pembalut setiap satu atau dua jam sekali. Selalu jaga kesehatan ya girls !

⏩⏪⏩⏪

Jika kamu sering mengalami telat datang bulan, maka kamu tak perlu minum obat-obatan berbahan kimia sebagai cara mengatasi telat datang bulan. Sebab meskipun memang tidak semuanya menimbulkan efek buruk, akan tetapi obat-obatan kimia memang pada dasarnya memiliki efek samping kurang baik untuk kesehatan tubuh. Nah, untuk solusinya agar kamu tetap bisa melakukan penanganan tanpa harus memakai bahan kimia yaitu dengan memanfaatkan bahan-bahan alami yang berkhasiat sepert ; Kunyit, kayu manis, manjakani dll. Dengan mencoba bahan alami tersebut, maka kamu bisa terhindar dari kontaminasi bahan kimia yang tidak diperlukan tubuh dan kemungkinan bisa menimbulkan komplikasi lanjutan.


Semoga Bermanfaat ☺️



Baca :  Obat Herbal Pelancar Haid


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Inilah Bahaya Makan Mie Instan saat Perut Kosong

Waspadai !! Bahaya Makan Mie Instan saat Perut Kosong Mie instan sudah menjadi makanan yang umum di Indonesia, terutama bagi anak kos...