Kamis, 23 Mei 2019

Penyebab Luka Tak Kunjung Sembuh

Anda memiliki luka yang tak kunjung sembuh? Kenali Penyebabnya Disini !


Sebenarnya apa sih penyebab luka tak kunjung sembuh itu?


Luka yang tak kunjung sembuh bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor. Jenis luka yang susah sembuh ini biasa disebut sebagai luka kronis. Kondisi sebuah luka dinyatakan sebagai kronis ketika sudah bersemayam di tubuh lebih dari 12 minggu, namun tidak kunjung sembuh.
Image result for luka tak kunjung sembuh dan bernanah
Luka tak kunjung sembuh

Luka
bisa terjadi di bagian mana saja di tubuh. Luka terjadi jika ada hubungan antara dunia luar dengan bagian tubuh di bawah kulit atau organ lebih dalam.
Luka yang terjadi memiliki waktu penyembuhan yang berbeda-beda yang dipengaruhi oleh hal-hal berikut:

  • Lokasi luka. Jika lokasi luka berada pada daerah perifer dari tubuh dimana aliran darah ke daerah tersebut lebih sedikit seperti di bagian kaki maka akan mengalami penyembuhan luka yang lebih lama. Begitu juga lokasi luka di bagian tubuh yang sering mengalami gerakan seperti di bagian siku, lutut atau pergelangan tangan.

  • Ukuran luka. Semakin besar ukuran luka maka semakin lama pula penyembuhan luka.

  • Dalamnya luka. Luka yang lebih dalam akan mengalami penyembuhan yang lebih lama.

  • Keadaan kesehatan penderita luka terutama jika penderita memiliki penyakit kronis seperti diabetes maka penyembuhan luka akan memakan waktu lebih lama.


Cepat atau lambat nya kesembuhan luka tidak hanya dipengaruhi oleh luka tersebut. Ada beberapa kondisi tubuh yang ikut berperan dalam penyembuhan luka. Penyakit tertentu juga membuat luka tak kunjung sembuh. Penyakit yang membuat luka tak kunjung sembuh diantaranya penyakit Endokrin ; seperti diabetes dan hypothyroidism, gangguan darah seperti anemia, polycythemia, myeloproliferative, gangguan kardiopulmonari seperti chronic obstructive pulmonary disease, gagal jantung, serta malnutrisi.


Adapun beberapa faktor lain yang bisa membuat luka mengalami kesembuhan dalam waktu yang lama. Beberapa kondisi tersebut, antara lain:

  • Terjadinya infeksiPada keadaan normal, bakteri hanya berada di permukaan kulit. Tetapi ketika terjadi luka, bakteri mendapatkan akses untuk masuk ke lapisan kulit yang lebih dalam. Sehingga menyebakan luka tak kunjung sembuh.

  • Terganggunya suplai darah atau oksigenKondisi luka lama sembuh akan dipengaruhi oleh buruknya suplai darah atau oksigen yang mungkin disebabkan oleh buruknya aliran darah yang bisa disebabkan oleh kondisi medis seperti diabetes atau umur tua.

  • UmurPenderita luka yang berumur 60 tahun atau lebih memiliki risiko luka lama sembuh yang lebih tinggi. Banyak penelitian pada hewan dan uji klinis yang menunjukkan hubungan antara perubahan tubuh akibat umur dan perlambatan pada proses penyembuhan luka.

  • DiabetesKerusakan pada pembuluh darah yang menyebabkan keadaan hipoksia (tidak cukupnya kadar oksigen untuk memenuhi kebutuhan sel), buruknya kemampuan pembentukan pembuluh darah kecil yang baru, penurunan imunitas tubuh penderita dan kerusakan saraf yang menyebabkan penurunan sensitivitas terhadap rangsangan sentuhan adalah hal-hal yang menyebabkan luka pada penderita diabetes lama sembuh. Cara mudah mengobati Diabetes dengan Herbal


Karena luka tak kunjung sembuh membutuhkan perawatan khusus dalam proses kesembuhannya, maka sebaiknya upaya tersebut juga melibatkan pemantauan dari dokter. Hal ini bertujuan agar dokter memberikan saran pengobatan yang tepat dan mengantisipasi adanya komplikasi akibat infeksi.

Namun untuk lebih mengefktifkan usaha anda, kini tersedia untuk pengobatan atau perawatan luka yang alami,. Pengobatan alternatif ini akan memudahkan anda dalam proses perawatan luka.


Rekomendasi pengobatan atau perawatan luka tak kunjung sembuh adalah dengan pengobatan alternatif. Dengan pemakaian bahan herbal, dan proses perawatannya pun sangat mudah dan bisa dilakukan mandiri tanpa pantauan dokter. Karena memang herbal tersebut sudah memiliki legalitas resmi dan sudah terjamin kemananan dan kehalalannya. Selengkapnya...

Artikel Terkait :

Obat Herbal Luka Ganggren
Obat Luka Bekas Caesar
Obat Luka Koreng Menahun
Obat Pengering Luka
Obat Luka Bakar Melepuh 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Prosedur ESWL, Pengobatan Batu Ginjal yang Cepat dan Tidak Meninggalkan Luka

Prosedur ESWL (Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy), Pengobatan Batu Ginjal yang Cepat dan Tidak Meninggalkan Luka Apa  itu  Batu G...